Kamis, 11 September 2014

~ Gunung Batu Sungsum dan Gunung Hantanung

Gunung Batu Hantanung di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan, cukup populer sebagai tujuan rekreasi bagi warga setempat. Wisata alam ini menawarkan keindahan khas gunung batu lengkap dengan stalaktit dan stalaknitnya.
Terletak di Desa Sumsum sekitar 3 km dari ibukota kecamatan, selain Gunung Batu Hantanung, sekitar 100 meter terdapat sebuah gunung yang bisa dinikmati dari atas jembatan. Di bawahnya mengalir sungai dengan air bening berjeram. Panorama alam sekitar gunung ini nampak asri, indah dan sejuk.
Namun area yang dijadikan objek wisata adalah kawasan Gunung Batu Hantanung. Meskipun area ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti tempat istirahat pengunjung dan taman yang dibuat depan gunung itu, namun kondisinya sudah tak terawat dan dibiarkan rusak.
Plang identitas kawasan wisata, yang masih bertuliskan kabupaten Balangan  itupun dibiarkan ditumbuhi rumput liar.
Gunung Batu Hantanung adalah sebuah gunung batu kapur berongga-rongga, dengan ketinggian sekitar 100 meter. Di bagian puncaknya ditumbuhi berbagai jenis tanaman, yang sebagian menjulur ke bawah seperti tirai.
Di depan gunung ini, pengunjung dapat menikmati hawa sejuk yang berhembus dari rongga-rongga gunung batu itu. Dari stalaktit (batu yang menggantung) air tak pernah berhenti menetes. Dari taman sekitar gunung, pengunjung juga bisa menikmati beningnya air yang mengalir di bawahnya.
Desa Sumsum Kecamatan Tebing Tinggi sebagai tujuan wisata sangat mudah dijangkau. Dari ibukota kabupaten ke Tebing Tinggi sekitar 23 km bisa ditempuh dengan angkutan colt pikap atau mikrolet ke Kecamatan Tebing Tinggi atau bisa langsung dengan kendaraan roda dua.
Jarak dari Awayan ke lokasi wisata sekitar 6km, bisa juga ditempuh dengan menggunakan jasa ojek. Sesuai geografi wilayah menuju lokasi yang merupakan pegunungan berbatu, perjalanan didominasi pemandangan alam pegunungan, dengan jalan beraspal yang berkelok-kelok.
Menurut warga setempat, selain gunung batu di wilayah bagian atas juga terdapat hamparan lumut luas yang hidup di bebatuan, hingga warga setempat menyebutnya permadani lumut. "Tapi kalau mau ke sana harus
jalan kaki dan menginap," tutur si amat ungap.
Objek wisata ini juga dekat dengan perumahan penduduk. Menurut warga setempat, dulu wisata alam ini sangat diminati wisatawan lokal maupun luar daerah. Sekarang seiring rusaknya sejumlah fasilitas dan kotornya tempat ini, pengunjung hanya berdatangan setiap hari libur dan hari-hari besar seperti lebaran dan tahun baru.


Terletak di Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi, 27 Km dari ibukota Kabupaten Balangan . Selain air
Terjun Manyandar juga dapat dinikmati pemandangan dari puncak gunung. Untuk
Mencapai lokasi Air terjun dibutuhkan fisik yang frima, karna pengunjung harus
Melewati belukar,hutan,dan bukit yang mendaki.


1 komentar: